Larangan dan kewajiban kepada orangtua

Kewajiban anak kepada orang tuanya:
Wajib berbakti kepada orangtua.jika tidak, maka dia telah durhaka.dan perbuatan durhaka adalah sifat syetan. (Maryam :14-44). tetap wajib, berbakti kepada keduanya meskipun keduanya berbuat aniaya terhadap kita. (Bayhaqi).bertambah usia orangtua,hendaknya lebih di
perhatikan lagi oleh anaknya. (Al-Isra: 23)
Tidak dianjurkan mentaati orang tua,apabila mereka melarang dari menunaikan kewajiban (Al-Gazali). Misalnya, melarang menuntut ilmu,shalat wajib dan sebagainya.
 
sebaiknya jangan bepergihan tanpa izin orang tua, dalam mengerjakan sunnah . (Al-Gazali). Misalnya; beribadah haji sunnah.

    
* Surga itu berada di bawah telapak kaki ibu (Nasai, Ibnu Majah)sebaiknya memenuhi dahulu panggilan ibu, jika dia memanggilnya, meskipun sedang shalat (Tairmidzi) sebagaimana kisah juraiz.
   
* anak wajib menafkahi orangtuanya yang telah udzur.(asy-Syafi'i, Abu Dawud)
    
* Wajib menggembirakan orangtua sebagaimana menggembirakan dirinya sendiri.dan jauhkanlah segala yang di benci orangtua sebagaimana menjauhkan dirinya dari apa yang di bencinya. (Abu Laits sumarqandi)
    
* Jika seorang ayah memerintahkan ia untuk menceraikan istrinya (dengan alasan yang jelas), maka hendaknya menceraikannya walaupun ia sangat mencintainya.itu termasuk berbakti terhadap ayah. (HR Abu Dawud).

    
* Anak hendaklah mengajakan orangtuanya kejalan yang benar, mengingatkannya jika mereka berbuat mungkar. (Maryam: 45)

Larangan anak terhadap orang tua:

    
*haram mengucapkan  'Ah' dan atau segala ucapan yang tidak baik dan tidak sopan yang menyebabkan orang tua tersinggung .. juga membentak, memarahi atau berbicara dengan suara keras kepada orangtuanya.setiap anak harusmerendahkan diri terhadap orangtuanya. (Al-Isra ': 23).
    
* haram mendurhakai orangtua, karena termasuk dosa besar. (Tirmidhi). Pendurhaa orang tua tidak akan bahagia. (Abu Laits sumarqandi)
    
* Haram menyia-yiakan
orangtua ,sebab mereka itu pintu masuk ke surga. (Tirmidzi)
    
*harammencaci Ayah orang lain, yang berarti mencaci ayahnya sendiri. (Tirmidzi)
    
* Jangan panggil orang tua dengan nama sebut nama.panggilah dengan sebutan hormat dan kasih sayang, seperti:. Ayah, abi, Ummi,ibu
dl . (Al-Ghazali)
    
* Orang yang tidak mengakui ayah kandungnya, haram baginya untuk masuk ke surga. (Muttafaqun alaih)
    
* Jangan bicara di depan orangtua tanpa seijin mereka .Dan jangan berjalan di depannya, sebagai seorang budak berjalan di belakang tuannya. (Farkat as-siryi)
    
* Jangan bersumpah atas nama kedua orangtua. (Nasa'i)
    
* Jangan  malas dan bermuka masam melayani orangtua.hendaknya melayani mereka yang membutuhkan bantuan dengan penuh kasih sayang, karena mereka telah membesarkan kita dengan susah payah. (Abu Laits sumarqandi)

AL-QUR'AN ONLINE